0 Shares

Pest Control Bogor– serangga adalah binatang yang ukuran tubuhnya tidak besar, secara umum mereka memiliki tubuh yang relatif kecil. Secara ukuran tubuh kadang serangga ini dianggap sebagai sesuatu yang tidak membahayakan atau sebenarnya kita sudah tahu bahwa makhluk kecil ini dapat membawa malapetaka yang besar tetapi karena bentuk dan ukuran tubuhnya yang mini, jadi kita menganggapnya tidak membahayakan. Sikap kita akhirnya biasa-biasa saja terhadap serangga ini. Malah kadang kita abai dengan kerugian yang ditimbulkannya, baik secara ekonomi maupun kesehatan.

Perlu juga diketahui bahwa, dalam praktekknya nanti, pest control tidak hanya terbatas pada serangga saja tetapi juga mencakup hewan pengerat seperti tikus sebab memang tikus ini merupakan salah satu jenis hewan yang keberadaannya bisa mengganggu manusia. Tikus juga merupakan salah satu hewan “kotor” yang bisa membahayakan kesehatan manusia bila kita tidak berhati-hati dengannya. Air kotoran tikus, kotoran atau feces nya serta bagian tubuh tikus lainnya bisa menjadi penyebab timbulnya bibit-bibit penyakit pada tubuh manusia bahkan dalam skala tertentu benar-benar bisa membahayakan kehidupan seseorang.

Karena itulah kita kemudian mencari cara-cara terbaik yang bisa dilakukan dalam upaya mengendalikan dampak negatif dari hewan-hewan ini supaya tidak menimbulkan kerusakan yang lebih serius dan lebih luas lagi dalam kehidupan manusia. Dalam tulisan berikutnya kita akan coba melihat lebih detail mengenai pest control ini, dengan begitu diharapkan kita bisa mengerti tentang apa arti sebenarnya dari pest control tersebut dan bagaimana proses kerjanya sampai bisa mengendalikan gangguan hewan-hewan tersebut diatas.

Wawasan Tentang Pest Control

Berbicara mengenai pest control ini sebenarnya mungkin sudah tidak aneh lagi bagi sebagian kalangan di dalam masyarakat. Tetapi jika ditanyakan kepada semua warga masyarakat secara umum atau pada umumnya, kebanyakan atau sebagian besarnya mungkin belum pernah mendengar kata-kata atau istilah ini sebab memang istilah ini mungkin hanya dikenal secara dekat oleh beberapa kalangan saja.

Hal ini terjadi bisa disebabkan oleh banyak latar belakang, diantaranya : cara pandang dan cara bersikap yang berbeda dalam melihat permasalahan ini. Cara pandang yang tidak sama tentu akan mengakibatkan pada perlakuan yang berbeda dalam menanganinya. Perspektif umum yang menganggap bahwa gangguan serangga dan tikus pada hakikatnya masih bisa ditanggulangi secara mandiri sebab gangguan ini masih berada dalam skala yang normal, cakupannya pun masih dalam batas-batas toleransi yang memungkinkan.

Hal ini bisa terjadi karena memang fakta yang terjadi seperti itu, ruang lingkupnya masih sekitar rumah tangga atau gedung atau lingkungan tertentu yang masih minim mengalami gangguan hama tadi dan mereka berpandangan belum perlu melakukan pencegahan preventif terhadap gejala ini. Sebagian kalangan lainnya memiliki cara pandang yang lain terhadap masalah ini. Mereka menganggap masalah hama ini serta bagaimana penanggulangannya adalah penting untuk dilakukan.

Nah sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan pest control itu? Jika dilihat dari asal katanya atau pengertiannya secara etimologis, maka pest itu berarti hama dan control itu berarti kontrol atau pengendalian. Jadi secara etimologis berarti adalah pengendalian hama, ini berarti terkait dengan bagaimana mengendalikan hama beserta dampak-dampak negatifnya yang mungkin timbul dan merugikan ditinjau dari berbagai aspek. Kalau kita lihat arti diatas tersebut, maka kita bisa melihat bahwa titik tekannya atau fokus utama dari pest control ini adalah pada pengendalian hama bukan pada pembasmian atau pemusnahan.

Sebab mustahil untuk membasmi apalagi memusnahkan hama-hama ini karena mereka merupakan satu kesatuan utuh yang terintegrasi dalam ekosistem kehidupan makhluk hidup dan alam secara keseluruhan, termasuk kita. Jadi kegiatan untuk membasmi atau memusnahkan mereka secara menyeluruh adalah sangat tidak rasional, merusak ekosistem dan tentu tidak mungkin kita lakukan sebab jika kita melakukan hal tersebut maka kita akan merusak keseimbangan dan harmonisasi alam.

Jika seperti itu yang terjadi maka tujuan utama dari pest control tidak tercapai, kenapa? Karena tujuan utama dari kegiatan ini adalah pengendalian bukan pemusnahan apalagi perusakan alam secara membabi buta. Merusak alam, berarti merusak diri kita dan kehidupan itu sendiri. Kalau lingkungan dan ekosistem menjadi terganggu, lalu buat apa ada pest control, mungkin seperti itu yah logikanya.

Belakangan ini juga sudah mulai muncul istilah pest management untuk menggambarkan bahwa kegiatan pengendalian adalah hanya salah satu bagian dari sekian tahapan proses pengelolaan kegiatan penanggulangan hama. Semua masih akan berkembang dan kita berharap bahwa semakin kedepan kita akan menemukan cara-cara yang lebih ramah terhadap lingkungan hidup dan ekosistem yang lebih luas lagi secara umum.

Agar kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang baik secara menyeluruh dalam jangka panjang dan tidak malah merusak alam yang akan kita wariskan kepada anak cucu kita dimasa yang akan datang.

Call/Sms : 0812 8594 7735, PIN BB : 5D01F072

Gambar Pest Control

rodent control bogor pengendalian hama di bogor

jasa anti rayap dan serangga bogor 2016

Pest Control Bogor
Tagged on:     

2 thoughts on “Pest Control Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

null