Jasa Fogging Nyamuk – Musim hujan merupakan salah satu musim dari dua musim yang ada di Indonesia. Musim tersebut adalah musim kemarau dan musim hujan. Inilah dua musim yang berlaku di negeri kita dan kawasan-kawasan lain yang berada tepat pada garis khatulistiwa karena itulah kemudian kita dikenal sebagai negara tropis atau beriklim tropis.

Musim penghujan yang ditandai dengan terjadinya hujan di hampir sepanjang hari, memberi dampak positif dan negatif sekaligus. Dampak positifnya tentu banyak dan dampak negatifnya salah satu yang paling sering dan paling banyak kita hadapi adalah demam berdarah yang diakibatkan oleh virus melalui gigitan nyamuk aedes aegypty. Penyakit ini mesti kita waspadai karena jika tidak bisa menimbulkan akibat yang fatal yaitu kematian. In Shaa Allah jika kita sigap dan waspada, penyakit ini bisa kita cegah.

Hujan dan Demam Berdarah

Demam Berdarah

===== Jasa Fogging Nyamuk =====

Indonesia sendiri merupakan negara peringkat dua dunia setelah Brazil dalam kasus demam berdarah atau DBD. Menurut data Kementerian Kesehatan, tahun 2009-2011 di Indonesia tercatat 1125 kematian akibat DBD. Hal ini menempatkan Indonesia sebagai negara dengan tingkat kematian tertinggi akibat DBD di Asia Tenggara.

Lalu jika demikian kasusnya, bagaimanakah cara mencegah berkembangnya penyakit ini? sebelumnya tentu kita mesti memahami apa yang menyebabkan dan menjadi perantara virus penyakit ini menyebar. Setelah paham penyebabnya, kita bisa dengan tepat membuat rencana untuk menanggulanginya.

Nyamuk Aedes Aegypti merupakan perantara utama penyebaran virus dengue yang membawa penyakit demam berdarah pada manusia. Jadi artinya penyakit ini berkembang biak melalui perantara gigitan nyamuk dan tidak langsung ditularkan oleh orang yang terkena demam berdarah dengan begitu DBD bukanlah termasuk jenis penyakit menular.

Nyamuk aedes aegypti ini berkembang biak di kawasan berpenduduk tinggi seperti di kota-kota besar atau kawasan hunian padat penduduk yang memiliki iklim lembab dan hangat. Nah jika tempat tinggal kita termasuk ke dalam kategori ini, berarti kita mesti waspada terutama pada saat musim hujan karena memang nyamuk-nyamuk ini semakin “aktif” di musim penghujan.

Siap Siaga dari DBD

Mencegah perkembangbiakan nyamuk perantara DBD ini memang mesti dilakukan secara konsisten sebab ini juga untuk kesehatan kita secara jangka panjang. Memang sampai saat ini belum ada vaksin yang bisa mencegah DBD tetapi hal-hal sederhana berikut ini dapat dilakukan untuk mencegah perkembangbiakan mereka :

  • Mengenakan pakaian yang cukup melindungi tubuh dari gigitan nyamuk
  • Memakai lotion anti nyamuk sesuai dengan dosis dan peraturan pakai
  • Memasang kelambu di ranjang tidur
  • Memasang kawat anti nyamuk pada ventilasi yang ada di rumah
  • Menyingkirkan media-media penampung air di luar rumah
  • Menjaga kebersihan kamar mandi dan bak tampung air (jika memakai)
  • Melakukan fogging terhadap lingkungan sekitar rumah

Jasa Fogging Nyamuk Untuk Pemberantasan DBD

jasa fogging

===== Jasa Fogging Nyamuk =====

Nah penanggulangan demam berdarah melalui fogging inilah yang akan coba kita bahas lebih lanjut.

Fogging secara bahasa adalah pengasapan atau dalam istilah kedokteran pengabutan. Pengasapan atau pengabutan dalam konteks ini adalah dalam kerangka pemberantasan nyamuk dengan tujuan mencegah perkembangbiakan nyamuk. Jadi fogging dilakukan jika sudah terjadi epidemic DBD. Tujuannya untuk memberantas nyamuk penyebab DBD sehingga dengan begitu potensi terjadinya DBD dapat dikurangi secara signifikan.

Apa yang paling penting adalah, sebelum fogging dilakukan, kita sudah membiasakan pola hidup yang bisa mencegah DBD menyerang kita dan keluarga serta lingkungan. Lakukan kegiatan 3M yang dapat mengurangi perkembangbiakan nyamuk Aedes Aegepty. Kegiatan 3M ini adalah menguras, mengubur dan menutup semua media penyimpanan air yang bisa berpotensi menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk aedes aegepty.

Pola hidup seperti inilah yang mestinya dibiasakan oleh masyarakat agar bisa terhindar dari kemungkinan terjangkit penyakit demam berdarah. Meskipun memang demam berdarah bukanlah penyakit pembunuh nomor satu tetapi tetap saja, penyakit ini bisa membahayakan manusia pada titik tertentu.

Lakukan Fogging Secara Bijak

Meskipun fogging merupakan sebuah upaya untuk menekan laju penularan penyakit DBD dengan cara mengurangi kepadatan vektor DBD secara kimiawi tetapi pelaksanaannya tetaplah harus mengacu pada prosedur standar baku yang telah ditetapkan dan diakui.

Ada prosedur-prosedur tertentu yang  harus dilalui sebelum melaksanakan tindakan fogging.  Berikut beberapa prosedur dasar untuk melakukan fogging secara massif pada suatu wilayah atau area. Tulisan ini kami kutip dari situs resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Lebak Provinsi Banten yaitu http://dinkes.lebakkab.go.id/profil/layanan-publik/prosedur-pelaksanaan-fogging/

Prosedur Fogging :

prosedur fogging

==== Prosedur Jasa Fogging ====

  1. Laporan terkait adanya penderita DBD dari Rumah Sakit/Puskesmas pada area atau wilayah tertentu
  2. Petugas kesehatan melakukan penyelidikan epidemiologi di lingkungan penderita DBD untuk mengetahui adakah penderita DBD lainnya dan penderita demam dalam kisaran waktu satu (1) minggu sebelumnya
  3. Pada saat pelaksanaan penyelidikan jika ditemukan penderita demam tanpa sebab yang jelas maka akan dilakukan pemeriksaan kulit dan uji tourniquet
  4. Petugas melakukan pemeriksaan jentik pada tempat penampungan air dan tempat-tempat tertentu yang dapat menjadi wadah bagi perkembangbiakan nyamuk baik di dalam maupun diluar bangunan. Pemerikasaan ini dilakukan dalam radius atau pada jarak sekitar 100 meter dari tempat atau lokasi yang terdapat penderita DBD
  5. Hasil pemeriksaan adanya penderita DBD yang lain dan hasil pemeriksaan terhadap penderita demam (terduga DBD) ditulis dalam sebuah format laporan resmi
  6. Hasil pemeriksaan petugas dilaporkan pada Dinas Kesehatan setempat

Menindaklanjuti hasil pemeriksaan terhadap informasi tentang DBD oleh tim pemeriksa lapangan maka akan dilakukan beberapa rencana aksi yang disesuaikan dengan kondisi dilapangan. Berikut uraiannya :

  1. Bila ditemukan lebih dari tiga penderita atau terduga DBD serta ditemukan lebih dari 5 % jentik disekitar rumah/bangunan dan tempat lainnya makan akan dilakukan penggerakan masyarakat untuk melakukan pemberantasan sarang nyamuk DBD, larvasidasi, penyuluhan dan pengasapan dengan insektisida atau fogging di rumah penderita DBD atau lingkungan sekitar dalam radius lebih kurang 200 meter dari lokasi kejadian
  2. Bila tidak ditemukan penderita lain selain terduga DBD tetapi ditemukan adanya jentik nyamuk maka dilakukan penggerakan masyarakat, pemberantasan sarang nyamuk DBD, larvasidasi dan penyuluhan
  3. Bila tidak ditemukan penderita DBD lainnya selain terduga DBD yang ada serta tidak ditemukan adanya jentik nyamuk maka akan dilakukan penyuluhan terhadap masyarakat di lingkungan setempat

Begitulah prosedur dari fogging yang dilakukan terhadap lingkungan tertentu yang didalamnya terdapat beberapa penderita DBD sekaligus. Selain penderita DBD, area tersebut juga terdapat jentik nyamuk yang menjadi media penyebaran demam berdarah.

Jasa Kami Lainnya : Pest Control Jakarta Murah Profesional dan Bergaransi

Jadi untuk melakukan fogging itu memang ada langkah-langkah terukur dan bijak didalamnya. Fogging tidak bisa dilakukan secara asal saja tanpa sebab yang jelas dan rencana yang baik sebab fogging adalah sebuah tindakan yang dilakukan secara terbuka dalam area permukiman penduduk yang terdeteksi memiliki dampak demam berdarah.

Fogging adalah tindakan yang dilakukan jika suatu area terdapat lebih dari satu penderita DBD dan juga terdapat jentik nyamuk didalamnya. Tidak semua area bisa langsung begitu saja dicover dengan fogging. Namun yang terpenting dari itu semua adalah lakukan pola hidup sehat dengan tindakan 3M Plus :

  • Menguras tempat penampungan air
  • Menutup tempat penampungan air, dan
  • Mengubur barang bekas terutama yang dapat menampung air
  • Plus hindari gigitan nyamuk

Mudah-mudahan bermanfaat.

NB : Perlu diperhatikan juga Anda perlu untuk mengetahui virus zika yang sedang mewabah, agar Anda lebih waspada, silahkan simak video di bawah ini :

Untuk menyewa jasa fogging nyamuk kami silahkan langsung hubungi ke kontak di bawah ini

Incoming search terms:

  • biaya fogging
  • jasa fogging
  • fogging
  • biaya fogging nyamuk
  • jasa memberantas nyamuk
  • jasa foginng nyamuk
  • jasa fogging manado
  • pemberantasan ngamuk melalui pogging
  • harga jasa fogging berapa
  • fooging nyamuk
  • jasa fogging nyamuk
  • cara menghubungi pelaksana foging
  • biaya fogging antisipasi dbd
  • biaya foging lingkungan
  • biaya pogging satu rumah
  • biaya satuan kegiatan fogging
  • biaya untuk fogging suatu daerah
  • biaya untuk mengadakan fogging
  • cara fogging
  • cara foging sekitar rumah
  • selain fogging ada cara apa untuk DBD
Jasa Fogging Nyamuk Siap Untuk Seluruh Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *